Harapan dibalik Perkuliahan Pengembangan Bahan Belajar Cetak (PBAC)

Pengembangan Bahan Belajar Cetak merupakan salah satu mata kuliah semester 5 pada Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, khususnya pada konsentrasi media. Mata kuliah ini memang tidak diwajibkan untuk semua konsentrasi, tetapi menurut pendapat para senior mata kuliah ini memiliki banyak manfaat untuk kedepannya. Tetapi mengapa harus mengambil mata kuliah Pengembangan Bahan Belajar Cetak (PBAC)? Tentu ada harapan dibalik itu semua.

Sebelumnya mari saya ulas sedikit tentang Pengembangan Bahan Belajar Cetak (PBAC)

Untuk awal perkuliahan saya baru mengenal sedikit tentang Pengembangan Bahan Belajar Cetak (PBAC). Pengembangan Bahan Belajar Cetak (PBAC) merupakan mata kuliah yang membahas bahan belajar yang fungsinya adalah sebagai sumber belajar bagi murid dan sumber pembelajaran bagi guru. Di luar sana sudah banyak sumber belajar berbentuk elektronik yang berkembang pesat, tetapi bahan belajar cetak cetak ini masih dipergunakan sebagai salah satu sumber belajar yang paling utama.

Bahan belajar cetak mempunyai kontribusi yang tidak sedikit dalam proses pembelajaran. Hampir sebagian besar proses pembelajaran pada berbagai tingkatan menggunakan bahan belajar cetak sebagai sumber utama, karena sampai saat ini masih merupakan media yang paling mudah diperoleh. Kelebihan lain dari bahan belajar cetak adalah tidak diperlukannya alat yang khusus dan mahal untuk memanfatkannya dalam hal ini mengembangkan kemampuan siswa untuk mampu belajar tentang fakta dan mampu mengerti prinsip-prinsip umum dan abstrak dengan menggunakan argumentasi yang logis. Selain itu sumber belajar cetak juga praktis, mudah dibawa-bawa, mudah dijangkau di kota maupun pelosok, harga relatif murah dan terjangkau, serta tidak memerlukan koneksi internet.

Lalu apa saja yang saya harapkan setelah mengikuti mata kuliah Pengembangan Bahan Belajar Cetak (PBAC)?

  1. Yang pertama tentunya dapat memahami, menguasai, dan menjelaskan apa saja  dasar-dasar teori dari pembuatan bahan belajar cetak. Dimulai dari pengertian, jenis-jenis, sejarah, dan kaitan antara bahan belajar cetak dengan jurusan saya sendiri yaitu Teknologi Pendidikan
  2. Dapat menganalisis kurikulum yang akan dijadikan bahan belajar cetak. Walaupun kami terbagi dari beberapa konsentrasi, tapi tidak mengindahkan bahwa kami mampu untuk menyusun dan menganalisis kurikulum yang akan dijadikan modul atau bahan belajar cetak.
  3. Dapat membuat bahan belajar cetak sesuai kebutuhan dan karakteristik sasaran (peserta didik). Bahan belajar cetak di sini tentu tidak hanya bahan belajar cetak biasa, melainkan saya mampu terlebih dahulu menganalisis untuk siapa bahan belajar cetak tersebut digunakan, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu dapat membuat inovasi bahan belajar baru dengan mengaplikasikan ilmu-ilmu teori mendasar dari pembuatan bahan belajar cetak. Mulai dari grafika penulisan yang menarik dan sesuai prinsip desain pesan (desain, tata letak, huruf, spasi). Isi dan materi bahan belajar yang sesuai dengan sasaran (peserta didik. Serta menggunakan kalimat yang mudah dipahami pembaca sehingga informasi dapat tersampaikan.
  4. Mampu mengemas bahan belajar cetak yang menarik. Selain isi dan konten yang perlu diperhatikan adalah cover (jika bahan belajar  berbentuk buku). dapat membedakan mana jenis kertas yang baik, lalu disain cover yang menarik perhatian pemakai, kulit pengaman dan perekat yang pantas sehingga menghasilkan bahan belajar yang baik.
  5. Mampu mengevaluasi dan menilai bahan belajar cetak sesuai dengan aspek dan kriteria yang berlaku
  6. Dapat memfasilitasi guru dan peserta didik. Sesuatu yang dikerjakan akan sia-sia jika tidak membawa manfaat bagi diri sendiri dan sesama. Maka dari itu saya mengharapkan bahan belajar yang kelak nanti saya kembangkan dapat bermanfaat dan membantu guru dalam menyampaikan isi materi pelajaran. Serta mempermudah peserta didik menerima informasi tersebut.

Selain itu bila dikaitkan dengan program studi yang saya ambil, pemanfaatan bahan belajar cetak ini sesuai dengan visi,misi, dan pengertian Teknologi Pendidikan itu sendiri. Salah satunya yaitu  Teknologi Pendidikan (TP) dapat memfasilitasi belajar dengan berbagai media. Maka dari itu saya sebagai mahasiswa TP mengharapkan saya dapat memfasilitasi belajar yang baik dan tepat sasaran.

Intinya dari  keempat harapan diatas yaitu setelah menyelesaikan perkuliahan ini saya mampu memahami, menganalisis, membuat, dan mengevaluasi bahan belajar cetak yang pastinya sesuai dengan warna Teknologi Pendidikan.

 

books-colorful-stack

Advertisements
Categories: Teknologi Pendidikan | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: